Jumat, 28 Oktober 2011

Dimana Kaum Muda???*

Mungkin itu kalimat yang sering kita dengar, namun tak ada yang bisa benar-benar menjawab pertanyaan tersebut. Hanya kita sendiri sebagai kaum muda yang bisa menjawabnya. Plato mengatakan bahwa “Nantinya dalam kehidupannya manusia akan terjebak dalam sebuah gua gelap yang berisi keteraturan kemapanan dan mereka senang berada didalamnya. Karena mereka terbuai dengan segala kesenangan disana dengan apa yang telah mereka capai, hingga akhirnya mereka takut untuk keluar dari gua tersebut. Memang mereka bahagia tapi diri mereka kosong dan tak pernah menemukan siapa diri mereka sebenarnya, mereka tidak mempunyai mimpi.” Itulah gambaran sebagian besar kaum muda zaman sekarang. Termasuk kita, kaum intelektual. Kita yang terjerumus dalam hegemoni kenikmatan, kita yang ingin mengalihkan kekuasaan dari kaum tua.
Tiga tahun silam Sultan HB X menantang kaum muda untuk membuat deklarasi nyata arah perjalanan Indonesia. Sultan mengatakan, kaum muda belum pernah mengungkapkan deklarasi nyata selama Indonesia merdeka. Terakhir, deklarasi kaum muda diungkapkan lewat Sumpah Pemuda tahun 1928. bisakah kita menjawab tantangan Sultan? Lagi-lagi hanya kita sendiri yang bisa menjawabnya.
Menyimak apa yang dikatakan oleh Plato dan Sultan, harusnya kita menjadi sadar dan tertantang bahwa kita harus bergerak, keluar dari gua yang gelap jauhkan diri dari zona kenyamanan. Kita harus mempunyai konsepsi yang jelas untuk mengalihkan kekuasaan dari kaum tua yang mengacau. Jangan cuma berkata, tapi bergerak. Kita telah diberikan waktu dan kekuatan oleh Tuhan untuk membuat sebuah pilihan. Sebuah pilihan yang benar- benar menentukan. Inilah saatnya kita sebagai kaum intelektual menjawab segala tantangan termasuk tantangan dari Sultan untuk membuat deklarasi nyata arah perjalanan Indonesia… Tunjukan idealisme kita sebagai anak Ibu Pertiwi
Eko Wardaya
Aktivis Kepemudaan dan Kemahasiswaan

*Repost :
- Tulisan ini dibuat pada tahun 2008 (disesuaikan untuk saat ini)
- Pernah dimuat di kammi-komisariat-aka.blogspot.com dan kaderisasikammibgr.multiply.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar